Pentingnya "Cilukba" bagi tumbuh kembang bayi

Tak hanya sehat, melihat si kecil tertawa ceria merupakan sumber kebagaian bagi orangtua. Salah satu cara yang sering dilakukan orang tua untuk membuat sang buah hati tertawa adalah dengan permainan cilukba. Sudah tak asing lagi ya permainan cilukba ini.

Pentingnya "Cilukba" bagi tumbuh kembang bayi
Pentingnya "Cilukba" bagi tumbuh kembang bayi

Cilukba merupakan permainan yang sering dimainkan dengan cara menutup dan membuka mata dengan tangan atau benda lainnya sebagai penghalang atau penutup wajah. Banyak orang yang mengajak bermain bayi dengan cilukba ini, namun tak banyak orang tahu sebenarnya dibalik permainan sederhana ini ternyata banyak manfaatnya untuk si kecil.

Yuk, simak beberapa informasi penting tentang permainan cilukba yangtelah Jejak AKhi rangkum untuk anda.

1. Mengenalkan kepermanenan objek, dimana permainan cilukba ini yang menghilang dan memunculkan objek.

2. Mengembangkan daya ingat dan memberikan rangsangan perasaan senang yang baik untuk perkembangan kognitifnya.

3. Merangsang kemampuan bahasa saat bertatapan dan mendengar suara sang ibu saat bermain cilukba.

4. Memberikan kestabilan emosi. Saat bermain cilukba, melihat wajah ibu yang menghilang dan muncul dapat membuat bayi melewati dan mengembangkan kemampuan melawan rasa cemasnya.

5. Mendorong perkembangan motorik kasar dan halus. Karena saat bermain cilukba bayi yang menyentuh tangan ibu atau menggenggam mainnya yang akan membuat bayi mulai mengembangkan kemampuan motorik kasar dan motorik halusnya.

6. Mendeteksi gejala autisme sejak dini. Tanda-tanda autisme dapat dipantau dengan bermain cilukba salah satunya yang bisa terlihat sejak usia bayi 4 bulan. Biasanya bayi yang didiagnosis autisme ini aktivitas otaknya lebih rendah terutama dalam menanggapi orang yang bermain permainan sosial interaktifdan cenderung lebih reaktif terhadap benda mati daripada interaksi lain.


Diatas merupakan beberapa manfaat bermain cilukba yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Semoga bisa menjadikan motivasi anda agar lebih antusias untuk mengajak bermain si kecil. Salam Jejak AKhi. 😊


Jejak Akhi
Jejak Akhi Sorang Ibu rumah tangga yang hobi menulis

Post a Comment for "Pentingnya "Cilukba" bagi tumbuh kembang bayi"