Membuat Akta Lahir Gratis dan Mudah di RSKIA Astana Anyar Bandung

Membuat Akta Lahir Gratis di RSKIA Astana Anyar Bandung - Tidak sedikit masyarakat yang mengira bahwa membuat akta lahir itu mahal, ribet, susah dan lain sebagainya. Karena saya pun dulu berpikiran demikian.

Membuat Akta Lahir Gratis dan Mudah di RSKIA Astana Anyar Bandung
Kartu Keluarga, Akta Lahir dan Kartu Identitas Anak

Jejakakhi kali ini akan membahas bagaimana cara membuat akta lahir gratis di Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Astana Anyar Bandung. Tiga bulan lalu adalah kali kedua saya membuat akta lahir untuk anak kami di RSKIA Astana Anyar. Memang kebetulan juga kelahiran kedua anak kami adalah di sana.

Baiknya pembuatan akta lahir seorang anak adalah tidak lebih dari dua bulan pasca bayi lahir. Karena inilah salah satu alasan pembuatan akta secara gratis. Namun, apabila permohonan pembuatan akta lahir dilakukan lebih dari 60 hari sejak kelahiran bayi biasanya dikenakan denda administratif. Namun, untuk pembuatan akta lahir sendiri tidak ada batasan umur. Bahkan anak yang berusia 18 tahun pun bisa mengajukan pembuatan akta lahir.

Karena kelahiran anak kami di RSKIA Astana Anyar Bandung, maka kami berpikir sebaiknya pengajuan pembuatan akta lahir pun sekalian diuruskan di sana saja. Di RSKIA Asata Anyar, bagian pengajuan pembuatan akta lahir berada dilantai Basement, kantornya terletak di samping mushola. Pelayanan ini tersedia di hari senin s/d sabtu jam 8 pagi hingga jam 12 siang.

Apa saja yang harus dilengkapi?


Saat anda mengajukan permohona pembuatan akta lahir, maka petugas dari RSKIA Astana Anyar akan membantu anda untuk crosscheck lampiran apa saja yang harus dilengkapi, yaitu:

  • Surat keterangan lahir anak (asli)
  • Fotocopy KTP orang tua
  • Fotocopy surat nikah
  • Fotocopy KTP dua orang saksi
  • Kartu Keluarga (asli)
  • Formulir pengajuan Kartu Keluarga baru
  • Formulir pengajuan Akta Lahir anak
  • Materai Rp. 6.000,-
  • Map kertas berwarna merah (tempat untuk semua dokumen dialmpirkan, pada bagian depan map dituliskan nama anak dan nomor telepon yang dapat dihubungi)
Untuk formulir pengajuan akta lahir dan kartu keluarga baru akan diberikan dari pihak RSKIA langsung. Anda tinggal mengisinya dan jangan lupa dilengkapi dengan tandatangan dan cap dari pihak RT, RW dan Kelurahan tempat domisili anda. Dan juga syarat utamanya adalah kelahiran anak anda haruslah di RSKIA Astana Anyar Bandung

Apa saja yang akan didapat?

Setelah anda melengkapi semua dokumen yang harus dilampirkan, maka anda diminta untuk menunggu sekitar 2 bulan lamanya untuk mendapatkan akta lahir dan kartu keluarga baru. Setelah dokumen sudah beres maka pihak RSKIA Astana Anyar akan menginformasikan jadwal kapan anda dapat mengambilnya melalui aplikasi Whatsapp Messanger atau menghubungi kontak yang anda tulis sebelumnya diatas map merah.

Adapun dokumen yang akan didapat adalah :
  • Kartu keluarga baru
  • Akta lahir anak
  • Kartu Identitas Anak (KIA)
Untuk kartu keluarga yang baru terdapat 3 rangkap, yakni untuk anda simpan, untuk diserahkan kepada RT dan yang satu lagi untuk diserahkan pada Kecamatan domisili anda. Setelah anda mendapatkan dokumen-dokumen diatas, anda akan diminta untuk berfoto sebagai bukti bahwa dokumen telah anda terima.

Setelah anda mengetahui proses pembuatan akta lahir dari pengalaman saya diatas, apa anda masih berpikir membuat akta lahir itu susah, ribet dan mahal? Semoga ulasan ini dapat menginspirasi anda. Salam Jejak AKhi. 😊
Jejak Akhi
Jejak Akhi Sorang Ibu rumah tangga yang hobi menulis

Post a Comment for "Membuat Akta Lahir Gratis dan Mudah di RSKIA Astana Anyar Bandung"