Syarat dan proses membuka rekening tabungan di BNI Syariah

Syarat dan proses membuka rekening tabungan di BNI Syariah - Seiring meningkatnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap segala hal yang berbau syariah, tidak sedikit lembaga-lembaga keuangan yang mengembangkan produknya menurut hukum syariah islam. Banyak bank milik pemerintah maupun swasta yang selain menjual produknya secara konvensional, juga syariah. Seperti BCA, BRI, BJB, BNI, Mandiri, CIMB Niaga dan masih banyak lagi bank yang telah ikut terjun menjual produk menurut syariah islam.

Syarat dan proses membuka rekening tabungan di BNI Syariah
Tabungan Simple iB Hasanah BNI Syariah

Kesadaran beberapa orang yang kini takut akan bunga yang diberikan dari bank atas simpanan dananya atau disebut dengan riba, dalam hukum islam itu sangat tidak diperbolehkan. Banyak ayat dalam Al Quran maupun hadits-hadist yang membahas tentang bahayanya riba. Salah satunya adalah berikut,


“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

Dan, salah satu alasan saya membuka rekening tabungan di bank syariah pun adalah hal tersebut. Di Jejak AKhi kali ini saya akan mencoba sharing pengalaman saya membuka rekening tabungan di salah satu bank syariah.

Tentu saja sebagai calon nasabah, saya banyak mempertimbangkan segala sesuatunya mengenai langkah yang akan saya ambil kedepan. Dari segi fitur, biaya, kemudahan dan hal lainnya. Saya banyak melakukan pencarian di situs google dan banyak bertanya juga kepada teman-teman yang sudah terjun lebih dahulu di dunia perbankan syariah. Cukup bingung juga ternyata karena setiap bank mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, akhirnya setelah menimbang dan membandingkan saya memutuskan untuk membuka rekening di tabungan Bank BNI Syariah.

Saya membuka rekening di BNI Sayriah cabang Buah Batu, Bandung. Begitu datang, nasabah langsung disapa dengan salam oleh petugas keamanan dan ditanya mengenai keperluan nasabah berkunjung. Petugas keamanan langsung memberitahukan perihal apa saja syarat yang harus dipenuhi guna membuka rekening tabungan di BNI Syariah. Lalu saya diberikan nomor antrian. Setelah dipanggil saya menuju customer service.

Customer service menjelaskan jenis produk yang tersedia di BNI Syariah. Karena tujuan saya membuka rekening untuk melakukan transaksi sehari-hari maka saya membuka jenis tabungan simpel ib hasanah. Akad di BNI Syariah ada dua, yaitu:


  • Akad mudharabah

Nasabah akan mendapatkan bagi hasil dari keuntungan yang bank dapatkan dan tentu ini akan menambah saldo nasabah, namun tiap bulannya ada potongan biaya administrasi sebesar Rp. 7.500,-


  • Akad wadiah

Tidak ada sistem bagi hasil dan tidak ada pemotongan biaya administrasi per bulannya alias gratis. Dengan kata lain saldo tabungan anda adalah sesuai dengan jumlah dana yang anda setorkan.

Syarat untuk membuka rekening tabungan di BNI Syariah adalah anda harus melampirkan dokumen berupa:

  • Kartu Identitas (KTP/Paspor)
  • setoran awal sebesar Rp. 100.000,- 
  • materai Rp. 6.000,-

(Jika anda merupakan ibu rumah tangga atau tidak berpenghasilan dan atau tidak mempunyai npwp, maka anda disarankan untuk membawa kartu keluarga). Semua dokumen yang dibawa adalah yang asli ya. Dan jika sumber dana tabungan anda dari pihak lain maka pihak tersebut juga akan dimintai datanya dan melampirkan Kartu Identitas tentu saja. Setelah mengisi formulir, anda akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM. Untuk pembuatan kartu ATM anda akan dikenakan biaya Rp. 10.000,- yang semua nanti pembayarannya akan diarahkan pada bagian teller.

Kartu ATM yang ditawarkan di BNI Syariah ada dua pilihan yaitu dicetak instant atau ingin dicantumkan nama anda pada kartu ATM tersebut. Jika instant, maka anda akan mendapatkan kartu ATM pada hari itu juga, namun jika anda memilih ingin nama anda tercetak di kartu ATM tersebut maka anda harus rela menunggu sekitar 1 bulan lamanya, yang nantinya akan dihubungi oleh customer service bila kartu ATM anda sudah selesai dan bisa diambil.

Membuka rekening tabungan di BNI Syariah cabang Buah Batu menurut pengalaman saya pribadi recommended sekali. Dari awal kedatangan hingga pulang semua petugas ramah, lingkungan ruangan yang bersih dan nyaman, prosesnya mudah dan cepat. Bagi anda yang berdomisili dikota Bandung, terutama disekitar Jalan Buah Batu dan mempunyai niat membuka rekening tabungan syariah bisa langsung datang kesini, saya sarankan pagi-pagi karena antrian lumayan ramai setiap harinya.

Itulah pengalaman saya membuka rekening tabungan di BNI Syariah. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang akan terjun di perbankan syariah. Salam Jejak AKhi. 😊


BNI Syariah Cabang Buah Batu Bandung

Alamat : Jalan Buah Batu No.157C Bandung
Telepon : (022) 7314546 - 7323142 - 7323143
Fax : (022) 7323141
Call Center 1500046
Jejak Akhi
Jejak Akhi Sorang Ibu rumah tangga yang hobi menulis

Post a Comment for "Syarat dan proses membuka rekening tabungan di BNI Syariah"